Record Details

Analisis kapabilitas organisasi dan lingkungan usaha terhadap kinerja bisnis dan implikasinya bagi pembangunan usaha di pasar tradisional spesifik PD pasar jaya

Repository Sekolah Bisnis IPB

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Relation http://repository.sb.ipb.ac.id/4/
http://elibrary.mb.ipb.ac.id
 
Title Analisis kapabilitas organisasi dan lingkungan usaha terhadap kinerja bisnis dan implikasinya bagi pembangunan usaha di pasar tradisional spesifik PD pasar jaya
 
Creator Suharyono, .
 
Subject Manajemen Sumber Daya Manusia
 
Description Kelompok usaha kecil menengah (UKM) merupakan kelompok usaha yang menempati proporsi terbesar dan memegang peran penting dalam perkembangan ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja di banyak negara, terutama negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Kontradiksi antara peran UKM dengan terbatasnya kapabilitas organisasi yang dimiliki merupakan kenyataan yang perlu dikaji secara mendalam dan komprehensif. Pokok kajian penelitian ini meliputi dimensi kapabilitas organisasi ditinjau dari peubah kapabilitas operasional dan kapabilitas manajerial, serta dimensi lingkungan usaha baik secara internal maupun eksternal dalam kaitannya dengan ketercapaian dimensi kinerja usaha dari peubah kinerja pemasaran dan peubah kinerja bisnis.
Pada saat UKM mengalami stagnan, usaha besar justru tumbuh dan berkembang dengan mengendalikan sumber-sumber ekonomi, termasuk menarik kekuatan pasar bahkan ikut menentukan formula kebijakan pemerintah. Sebagai usaha ritel skala besar dan modern, supermarket telah ada di Indonesia sejak tahun 1970 dan mulai berkembang pesat ketika di tahun 1990 kebijakan investasi asing langsung dalam sektor usaha ritel dibuka. Pada akhirnya, keberadaan supermarket di kota-kota besar (termasuk Jakarta) hingga ke kota-kota kecil di seluruh Indonesia telah menimbulkan persaingan yang tidak seimbang dengan ritel tradisional yang bermodal dan berteknologi rendah. Akibatnya, pelaku usaha pasar-pasar tradisional Indonesia (termasuk pasar tradisional spesifik PD Pasar Jaya) mengalami penurunan kinerja bisnis.
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji karakteristik pola perbedaan kinerja bisnis antara pelaku usaha diberbagai pasar tradisional spesifik PD Pasar Jaya dengan analysis of variance (ANOVA), menentukan peubah kapabilitas organisasi dan lingkungan usaha yang berpengaruh positif dan nyata terhadap kinerja pemasaran dan kinerja bisnis di pasar-pasar tradisional spesifik PD Pasar Jaya dengan struktural equation modeling (SEM). Selain itu, penelitian ini mencoba memberikan usulan prioritas strategi pengembangan usaha yang merupakan hasil dari analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (SWOT).
Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari persepsi pelaku usaha di tujuh pasar tradisional spesifik PD Pasar Jaya (responden penelitian) terhadap indikator-indikator kapabilitas operasional, kapabilitas manajerial, lingkungan usaha internal, lingkungan usaha eksternal, kinerja pemasaran dan indikator kinerja bisnis. Penarikan contoh dilakukan dengan teknik sampling purposive terhadap 260 pelaku usaha di tujuh pasar tradisional spesifik PD Pasar Jaya.
Perhitungan ANOVA terhadap kinerja bisnis dari aspek omset dilakukan dengan program SPSS 17 dan perhitungan SEM dengan program LISREL 8.72 dan parameter nya diduga dengan metode kemungkinan maksimum atau maximum likelihood (ML). Dalam penelitian ini digunakan contoh 260 responden berdasarkan pertimbangan kelayakan teknik analisis statistik dan kelayakan model dari persyaratan metode ML. Analisis SEM dilakukan terhadap 6 peubah yang direfleksikan dengan 22 indikator eksogen dan 5 indikator endogen. Indikator eksogen terdiri atas 5 indikator eksogen kapabilitas operasional, 4 indikator kapabilitas manajerial, 6 indikator lingkungan usaha internal dan 7 indikator lingkungan usaha eksternal. Peubah endogen memiliki 5 indikator endogen, terdiri atas 3 indikator kinerja pemasaran dan 2 indikator peubah kinerja bisnis yang menghasilkan 27 persamaan pengukuran dan 2 persamaan struktural.
Dari ANOVA dapat dijelaskan bahwa omset pelaku usaha di pasar Induk Kramat Jati dan Lindeteves/HWI merupakan yang dominan dan berbeda nyata dengan pelaku usaha di pasar tradisional spesifik lainnya karena adanya perbedaan skala usaha dari aspek modal dan jumlah pekerja, serta perbedaan pengalaman usaha. Hasil analisis aspek manajemen dan bisnis, menjelaskan bahwa peubah lingkungan usaha internal secara langsung berpengaruh positif dan nyata terhadap kinerja pemasaran, sedangkan secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh positif dan nyata terhadap kinerja bisnis. Di samping itu peubah kinerja pemasaran secara langsung berpengaruh positif dan nyata terhadap kinerja bisnis. Peubah lingkungan usaha internal yang berpengaruh positif dan nyata terhadap kinerja pemasaran dan kinerja bisnis terdapat pada indikator reflektif sumber daya teknologi yang direpresentasikan dengan cara kerja dan pengawasan terprogram untuk meningkatkan mutu produk/barang dagangan, sedangkan kinerja pemasaran direpresentasikan dengan loyalitas pelanggan, kemampuan menjual produk bermutu dengan harga bersaing dan pelanggan lama yang pindah ke penjual lain, sementara itu kinerja bisnis direpresentasikan dengan keuntungan.
Dari analisis SWOT ditemukan matriks internal-eksternal (MIE) yang menempatkan pelaku usaha di pasar tradisional spesifik PD Pasar Jaya pada kuadran II dan I dalam wilayah strategi pengembangan, sehingga strategi yang diprioritaskan adalah strategi pengembangan. Berdasarkan nilai rataan dari setiap strategi pengembangan dalam matriks SWOT ditemukan strategi pengembangan yang diprioritaskan, yaitu strategi berorientasi pasar (S-O) dengan sasaran peningkatan omzet penjualan, strategi berorientasi teknologi (S-T) dengan sasaran peningkatan ragam produk, mutu dan efisiensi, strategi yang berorientasi pasar dan teknologi (W-O) dengan sasaran omzet penjualan, mutu, efisiensi dan keuntungan, serta strategi yang berorientasi pengembangan SDM dan pengelolaan keuangan (W-T) dengan sasaran kepuasan konsumen dan akuntabilitas keuangan usaha.
 
Date 2010
 
Type Thesis
NonPeerReviewed
 
Format application/pdf
application/pdf
application/pdf
application/pdf
application/pdf
 
Language en
en
en
en
en
 
Identifier http://repository.sb.ipb.ac.id/4/1/2DM-01-Suharyono-Cover.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/4/2/2DM-02-Suharyono-Abstrak.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/4/3/2DM-03-Suharyono-Ringkasan.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/4/4/2DM-04-Suharyono-DaftarIsi.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/4/5/2DM-05-Suharyono-Pendahuluan.pdf
Suharyono, . (2010) Analisis kapabilitas organisasi dan lingkungan usaha terhadap kinerja bisnis dan implikasinya bagi pembangunan usaha di pasar tradisional spesifik PD pasar jaya. Doctoral thesis, Bogor Agricultural University.