Record Details

Bi rate dan dampaknya terhadap return saham perusahaan sektor keuangan

Repository Sekolah Bisnis IPB

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Relation http://repository.sb.ipb.ac.id/34/
http://elibrary.mb.ipb.ac.id
 
Title Bi rate dan dampaknya terhadap return saham perusahaan sektor keuangan
 
Creator Atmaja, Musni Hardi Kasuma
 
Subject Manajemen Keuangan
 
Description BI rate yang diumumkan kepada publik mencerminkan stance kebijakan moneter Bank Indonesia selaku otoritas moneter. BI rate merupakan instrumen kebijakan utama untuk mempengaruhi aktivitas kegiatan perekonomian dengan tujuan akhir pencapaian inflasi yang rendah dan stabil. Meskipun dampak perubahan BI rate terhadap beberapa variabel ekonomi makro yang menjadi perhatian dan pertimbangan investor dalam melakukan analisis penilaian saham dan membuat keputusan alokasi investasi memerlukan waktu (time lag), namun karena adanya hubungan yang kuat antara harga saham dengan kinerja ekonomi makro maka perubahan harga saham selalu terjadi sebelum terjadinya perubahan ekonomi. Perubahan variabel ekonomi makro akan menentukan penilaian investor terhadap saham perusahaan karena perubahan tersebut akan berdampak pada prospek perusahaan, yang pada gilirannya berdampak pada dividen dan earning yang diharapkan dari perusahaan di masa yang akan datang.
Menurut Tandelilin (2010), konsep pasar yang efisien untuk bidang keuangan lebih ditekankan pada aspek informasi, artinya pasar yang efisien adalah pasar dimana harga semua sekuritas yang diperdagangkan telah mencerminkan semua informasi yang tersedia meliputi baik informasi di masa lalu, maupun informasi saat ini, serta informasi yang bersifat sebagai pendapat atau opini rasional yang beredar di pasar yang bisa mempengaruhi perubahan harga.
Beberapa penelitian mengenai dampak pegumuman terhadap return saham perusahaan di pasar modal antara lain dikemukakan oleh Zaher (1989), yaitu menguji dampak dari perubahan cadangan wajib minimum bank (reserve requirement) dan suku bunga tingkat diskonto (discount rate) sebagai instrumen kebijakan moneter Federal Reserve di Amerika Serikat terhadap return saham perbankan. Hasil studi empiris yang dilakukan oleh Zaher menunjukkan bahwa pengumuman kenaikan ataupun penurunan cadangan wajib minimim memiliki dampak yang signifikan terhadap harga saham perbankan, terutama pada hari setelah dilakukannya pengumuman perubahan tersebut. Selanjutnya, hasil penelitian Zaher menunjukkan bahwa perubahan tingkat bunga diskonto memiliki dampak terhadap pasar keuangan dan ekonomi Amerika Serikat, dan dampak dari pengumuman perubahan tingkat bunga diskonto tersebut tergantung pada prosedur operasi yang digunakan oleh bank sentral (Federal Reserve). Creighton et.al. (2006) menganalisis dampak pengumuman ”credit rating” terhadap harga surat hutang dan saham dipasar keuangan Australia dengan menggunakan teknik studi peristiwa yang relatif standar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengumuman perubahan rating mempengaruhi harga di pasar saham dan obligasi Australia. Harga saham cenderung turun pada hari di umumkannya penurunan rating dan naik pada hari diumumkannya kenaikan rating. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari pengumuman rating negatif dan positif baik terhadap saham maupun obligasi.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak dari pengumuman BI rate terhadap return saham perusahaan sektor keuangan, menganalisis kecepatan reaksi pasar untuk menyerap informasi BI rate yang tercermin dalam penyesuaian menuju harga keseimbangan yang baru dan merumuskan implikasi kebijakan investasi investor di pasar modal dan implikasi kebijakan bank sentral jika peristiwa serupa terjadi di kemudian hari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kuantitatif ekonometrika, yang menggunakan data sekunder. Penelitian ini merupakan studi kasus terhadap saham perusahaan sektor keuangan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data harian runtun waktu (time series) periode Oktober 2005 sampai dengan Desember 2008. Untuk mendukung penelitian ini, digunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) yaitu program komputer yang dipakai sebagai alat bantu untuk analisa statistika.
Penelitian ini menggunakan metode studi peristiwa (event study) untuk mendeteksi respon pasar terhadap perubahan stance kebijakan bank sentral yaitu pada saat dimulainya penurunan atau kenaikan BI rate. Penelitian ini tidak sekedar mencari fakta ”ada” atau ”tidak ada” abnormal return diseputar peristiwa melainkan juga menguji efisiensi pasar secara informasi (informationally efficient market) bentuk setengah kuat. Periode jendela yang digunakan untuk melihat dampak dari pengumunan BI rate terhadap harga saham perusahaan sektor keuangan adalah 11 (sebelas) hari, sedangkan lamanya periode estimasi yang digunakan adalah 120 hari sebelum periode jendela.
Berdasarkan hasil pengujian-t terhadap abnormal return dan analisa yang telah dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa informasi pengumuman dimulainya kebijakan moneter ekspansif ataupun kontraktif memiliki kandungan informasi yang ditunjukkan oleh adanya reaksi pasar terhadap pengumuman tersebut selama periode jendela. Respon pasar terhadap pengumuman BI rate melalui proses penyesuaian harga saham sektor keuangan menuju harga kesimbangan baru, relatif lama dan berkepanjangan. Hal ini menunjukkan bahwa pasar saham sektor keuangan tidak efisien bentuk setengah kuat secara informasi. Sebaliknya, pada peristiwa pengumuman dimulainya kenaikan BI rate, pasar saham kelompok perusahaan pembiayaan dan perusahaan keuangan lainnya efisien bentuk setengah kuat secara informasi. Bagi investor, agar menghasilkan return yang lebih baik, kondisi tersebut sebaiknya direspon dengan strategi aktif dalam berinvestasi; sedangkan bagi bank sentral, mengingat sangat reaktifnya pasar terhadap berbagai ekspektasi menjelang pengumuman BI rate, pentingnya trasparansi dalam penentuan stance kebijakan moneter dan upaya berkesinambungan dalam mengkomunikasikan stance kebijakan moneter secara lebih baik.
 
Date 2010
 
Type Thesis
NonPeerReviewed
 
Format application/pdf
application/pdf
application/pdf
application/pdf
application/pdf
 
Language en
en
en
en
en
 
Identifier http://repository.sb.ipb.ac.id/34/1/E31-01-Musni-Cover.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/34/2/E31-02-Musni-Abstrak.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/34/3/E31-03-Musni-RingkasanEksekutif.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/34/4/E31-04-Musni-DaftarIsi.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/34/5/E31-05-Musni-Pendahuluan.pdf
Atmaja, Musni Hardi Kasuma (2010) Bi rate dan dampaknya terhadap return saham perusahaan sektor keuangan. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.